PGRI sejak lahirnya orde baru
1. Kesatuan aksi guru Indonesia KAGI
Peristiwa G30S/PKI merupakan puncak dari apa sebelumnya berlangsung
dalam tubuh PGRI,yaitu perebutan pengaruh anti PKI dan pro PKI,infil
Trasi dan fitnah Pro PKI berdirinya PGRI non-vaksentral dll.
Bersama para pelajar,mahasiswa,sarjana,dll,para guru anggota PGRI turun
kejalan dengan meneriakan tritura (tri tuntunan rakyat) yakni :”bubarkan
PKI,ritul 100 mentri,danturunkan harga-harga!”. Mereka membentuk
kesatuan” aksi misal’a KAMI,KASI,sedangkan para guru” membentuk KAGI
pada tanggal 2 februari 1966.
Perlu ditambahkan bahwa KAGI pada mulanya terbentuk dijakarta raya dan
jawa barat, kemudian berturut” terbentuk KAGI di wilayah lainnya.
Tugas Utama KAGI adalah A.Membersihkan dunia pendidikan Indonesia dari
unsure” PKI “dan orde lama.B. menyatukan semua guru d.dalam organisasi
guru yaitu PGRI.c. memperjuangkan agar PGRI menjadi organi sasi guru
yang tidah hanya bersifat unotalistik tetapi juga independen dan non
partai politik.
Bukti keberasilan kekuatan orde baru dalam kongres ini terlihat dari
hasil” kongres di bidang unsure atau politik atau PB PGRI masa bakti XI
adapun hasil” kongres XI adalah
• Menjunjung tinggi HAM
• PGRI diwakili secara resmi dalam DPRGR atau MPRS
• Frontnasional di bubarkan
• PGRI ditegaskan kembali sebagai organisasi yang bersifat UNITARISTIK,INDEPENDEN dan NON partai politik
• DLL.
Selanjutnya,hasil XI PGRI di bidang organisasi :
• INTENSIFIKASI penerangan tentang kegiatan organisasi melalui pers,Radio,TV dan Majalah Suara Guru.
• Pendidikan kader organisasi secara teratur dan terencana
• PGRI menjadi anggota WCOTP
• Dll.
2. Konsulidasi organisasi pada awal orde baru
Menarik juga untuk di simak kembali seri tulisan harian kompas tahun
1967 yang berjudul PORAK PORANDANYA KERETA PGRI DI JAWA TENGAN tulisan
ini merupakan “serangn” kepada PB PGRI masa perserikatan (kongres XI).
Pembentukan kaki d.jawa timur dan jawa tengah, antara lain untuk
menyelamatkan PGRI dari kemelut politik pada saat itu hasilnya
adalahkonferda PGRI di ke 2 daerah tersebut berhasil memilih pengurus
daerah PGRI yang baru.
Pada tahun 1969 atas perdesakan nasib guru yang d.bentuk
PGRI,pemerintang setuju untuk mencairkan tunjangan kelebihan mengajar
bagi guru” SD di seluruh Indonesia
Hubungan PGRI dengan organisasi guru mulai di rintis kembali.Pada bulan
juli 1966 secara resmi diterima menjadi anggota WCOTP dalam kongres guru
se Dunia soel di Korea selatan.SEtelah itu,PGRI d.undang untuk
mengikuti tradeunionleader course di negeri belanda selama 4
bulan,kursus di adakan 2 angkatan :
Angkatan 1 pada tahun 1969 dan angkatan 2 1970.
3. Arti Lambing PGRI
• Bentuk cakra atau lingkaran melambangkan cita – cita luhur dan daya upaya manaikan pengapdian yang terus menerus
• Ukuran,corak dan warna : bidang bagian pinggir rulingkara berwarna
merah melambangkan pengabdian yang d.landasi kemurnian dan keberanian
bagi kepentingan rakyat.Warna petih dengan tulisan persatuan guru
republic Indonesia melambangkan paduan warna pinggir merah pitih
melambangkan pengabdian pada Negara,bangsa dan tanah air Indonesia.
• Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning
melambangkan fungsi guru (pada penddidkan pra sekolah,dasar,menengah dan
perguruan tinggi)dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai
pendidikan yang besar dan luhur.
• Nyala api dengan 5 sinar waena merah melambangkan arti ideologi dan
arti teknis yakni sasaran budi pekerti,cipta,rasa,karsa,dan karya
generasi.
• 4 buku mengapit suluh dengan posisi 2 datar dan 2 tengak (
simetris)dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang
menyangkut nilai” moral,pengetahuan,keterampilan,dan akhlak bagi
tingkatan lembaga” pendidikan,pra sekolah,dasar,menengah, dan tinggi.
• Warna dasar tengah hijau melambangkan kemakmuran.
Arti keseluruhan :
Guru Indonesia dengan itikad dan kesadaran yang murni dengan segala
keberanian,keluhuran jiwa dan kasih sayang senan tiasa menunaikan darma
baktinya kepada Negara,tanah air dan bangsa Indonesia dalam budi pekerti
cinta,rasa,karsa,dan karya generasi bangsa menjadi manusia pancasila
yang memiliki moral,pengetahuan,keterampilan dan akhlak yang tinggi.
Pwnggunaan :
1. Sebagai lambang atau lencana
2. Sebagai panji resmi dalam upacara dan panji hiasan
3. Di pancangkan mendampingi bendera nasional merah putih dalam upacara/pertemuan organisasi oleh PGRI.
4. Berdirinya YPLP-PGRI dan wisma guru kongres XIV PGRI th. 26-29 Juni
di Jakarta menghasilkan salah satu keputusan penting yaitu mengenai
wisma guru.
Untuk melaksanakan keputusan kongres BP PGRI membentuk YPLP-PGRI
dengan akta notaries Moh.Ali No. 21 tgl. 31 maret 1980 yang berlaku
sejak tgl. 1 Januari 1980. Yaitu melakukan pembinaan , pengelolaan , dan
penggembangan lembaga pendidikan PGRI di seluruh Indonesia dan
bertanggung jawab langsung kepada PB PGRI
Hikmah dan manfaat dari yang diambil dari ketetapan PGRI sebagai organisasi profesi adalah,
1) Medan perjuangan, pengbdiaan dan kekaryaan anggota PGRI dapat makin ditingkatkan dan dimantapkan
2) Upaya peningkatan mtu profesionalisme para anggota PGRI.
3) Dapat dipupuk rasa kesatuan dan kesatuan yang makin kokoh.
Refeleksi tentang masa depan PGRI
Apa bila kita dengan sadar dan sengaja menyediakan waktu untuk meneliti
kembali secara cermat gagasan”, pola tindakan dan prestasi PGRI sejak
awal berdirinya sampai sekarang maka kita temukan kembali bahwa pada
hakikatnya PGRI adalah sebuah organisasi propesi pendidik dan pada
umumnya dan para guru pada khususnya .berdasarkan pengamatan
ertahun”,tampak jelas bahwa PGRI seperti organisasi yang lainnya
mempunyai pengalaman yang penting dalam rangka mensukseskan strategi
yang bersifat kuantitatif,dalam arti menggalang masa secara
politis,terutama waktu menjelang pemilu.
Masa depan menuntut semakin tingginya kualitas dari pada kuantitas (jumlah anggota).
PGRI sangat berpengalaman dalam melayani para anggota’a yang sebagian
besar guru SD; sementara peningkatan kualitas propesi di perlukan oleh
para guru para semua jenis dan jenjang pendidikan untuk itu,PGRI di
tuntut untuk lebih akrab dengan berbagai permasalahan yang di hadapi
oleh para guru sekolah menengah,dan bahkan para dosen di petrguruan
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar